DOC & Help Center

Article & Knowledge Base

Gagal import database lewat ssh: ‘utf8_unicode_ci’

Baru kali ini kasus import database lewat SSH mengalami gagal terus dengan keterangan “unknown-collation-utf8mb4_unicode_ci” dan sayapun tidak tahu mengapa ini bisa terjadi, padahal dalam setiap reproduksi dilocal sampai saat ini belum pernah mengalami kegagalan. Untuk kasus ini mengenani database, bisa dibilang saya juga blank mengenai kasus kali ini dengan keterangan seperti diatas. Seperti biasa, disisi lain bingung sisi lain juga senang menemukan kasus baru bagi saya dan tidak ambil pusing googling lah solusinya. Akhirnya saya menemukan solusi setelah berapa menit menjelajah kasus seperti diatas, dan ditemukanlah dokumentasi kasus seperti ini diforumnya wordpress.org di alamat ini. Point dasar permasalahanya adalah format dari file database extensi .sql yang di export, dengan sedikit petunjuk dari link forum wordpress diatas ternyata dalam mengexport database tersebut ada sedikit perubahan, dengan tahapan sebagai berikut:

Jadi, ada beberapa tahapan berikut untuk melakukan export database :

1) Masuk di PHPMyAdmin Klik tab “Ekspor”  untuk export database
2) Dan Selanjutnya Klik tombol radio “Custom
3) Cari “Database system or older MySQL server to maximize output compatibility with:” dan pilih “MYSQL40
4) Lalu klik “GO” untuk mulai mengexport file databasenya. Selesai

Dalam kasus ini setelah saya export file databasenya ke format mySQL40 ternyata berhasil dan tidak ada masalah sama sekali, mungkin ini kasus yang unik bagi yang belum pernah mengalami sampai saya posting tulisan ini. Kalaupun dikupas secara detail permasalahanya, mungkin lain kali saja dikarena urusan table database bagi saya “MUMET” alias “Njlimet” bahasa jawanya apalagi saya tidak mahir bicara database. Semoga ini bisa menjadi catatan dan pengingat bila menemukan kasus seperti ini lagi.

Related Content

Export WordPress Posts To Custom Post Type

Introduction Different types of content should be organized, whether that be by taxonomies, custom post types, or both. Older websites tend to use the standard

Scroll to Top
Scroll to Top