DOC & Help Center

Article & Knowledge Base

Get code into Bitbucket fast using the command line

Desain interface baru dan fasilitas baru dari bitbucket.org lebih social dan cepat seperti halnya github.com sebagai tandingannya. Postingan sebelumnya sudah pernah mengupas perbedaan dua website itu tadi, secara singkat pada dasarnya bangunan dan service yang disediakan pada kedua website tersebut sama hanya berbalik saja dari sisi layanan yang bersifat berbayar. Langsung pada pokok permasalahan bahwa kali ini akan mengupas sedikit tentang bagaimana cara upload code file pada repository yang ada di bitbucket.org lewat ssh – command line pada ubuntu. Untuk sistem operating windows bisa install putty terlebih dahulu untuk menggunakan fasilitas ssh -command line.

Bitbucket

Sebelum proses upload code pada repository terlebih dahulu Anda harus membuat repostoritnya pada bitbucket terlebih dahulu, misalkan dengan contoh nama repository:

repositoryku

Berikutnya pada pc/laptop Anda masuk pada folder yang sudah berisi code nantinya yang akan di upload pada repository di bitbucket dengan contoh perintah pada command line sperti dibawah ini:

$ mkdir /path/to/folder/project
$ cd /path/to/folder/project
$ git init
$ git remote add origin [email protected]:useranda/repositoryku.git

Keterangan:

Pada line pertama merupakan perintah untuk membuat folder, yang selanjutnya line kedua perintah untuk masuk pada folder. Berikutnya git ini merupakan perintah untuk menginstall git didalam folder tersebut yang pada nantinya pada line terakhir berisi perintah untuk remote git pada repository yang sudah Anda buat pada bitbucket.org.

$ echo "anggo .ss" >> contributors.txt
$ git add contributors.txt
$ git commit -m 'Initial commit with contributors'
$ git push -u origin master

Keterangan:

Pada line pertama merupakan perintah untuk membuat file code lewat terminal dengan nama contributors.txt dan selanjutnya perintah menambahkan atau dengan cara copy paste file code yang sudah ada pada folder tersebut. Pada tahap ini merupakan tahap terakhir untuk memulai upload file code pada repository di bitbucket.org. Perintah diatas merupakan contoh perintah untuk upload file code hanya 1 file saja. Untuk mengupload semua file/ folder code pada repository Anda ada beberapa perintah yang dirubah dari perintah yang ada diatas dengan diganti seperti berikut:

$ git add --all
$ git commit -m 'Initial commit with contributors'
$ git push -u origin master

Perintah

$ git add --all

berfungsi sebagai perintah mendaftarkan semua file pada folder tersebut yang nantinya akan di upload kerepository, dan selanjutnya perintah kedua diatas dengan git commit -m “pesan/catatab anda’ merupakan perintah untuk memberikan sebuah catatan pada tiap file yang di daftarkan dan di upload pada repository, selanjut perintah pada line terakhir merupakan proses untuk upload file dari semua yang file code yang ada pada folder tersebut.

Tunggu hingga proses upload selesai pada command line Anda, semakin banyak file semakin lama proses uploadnya. Namun ada beberapa perbedaan cara upload seperti ini dibanding dengan melalui program git lewat Sparkleshare, melalui remote/ upload dengan cara command line yang jelas lebih cepat dibanding melalui program Sparkleshare.

Untuk perintah recommit/repull/reupload/resubmit pada repository yang sudah ada bisa menggunakan perintah yang ada dibawah ini, dan ini hanya sekedar contoh format perintah pada terminal/ssh:

cd /path/to/my/repo
git remote add origin [email protected]:useranda/repositoryku.git
git push -u origin --all # pushes up the repo and its refs for the first time
git push -u origin --tags # pushes up any tags

Related Content

Export WordPress Posts To Custom Post Type

Introduction Different types of content should be organized, whether that be by taxonomies, custom post types, or both. Older websites tend to use the standard

Scroll to Top
Scroll to Top