Cara menerbitkan Postingan Berita atau Artikel

Sekilas tentang WordPress, WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software). Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. WordPress adalah penerus resmi dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi. Nama WordPress diusulkan oleh Christine Selleck, teman Matt Mullenweg. WordPress saat ini menjadi platform content management system (CMS) bagi beberapa situs web ternama seperti CNN, Reuters, The New York Times, TechCrunch, dan lainnya.

Berikut beberapa tahapan untuk memulai menerbitkan postingan pada website yang menggunakan platform CMS WordPress. Jelas untuk pertama yang harus dilakukan adalah masuk kedalam sistem managementnya dengan menggunakan user dan password yang sudah ada, seperti contoh pada gambar dibawah ini:


Setelah berhasil masuk Anda akan menjumpai tampilan halaman Dashboard pada wordpress. Halaman backend untuk memanagement content dan lainya. Misal seperti membuat halaman, postingan, plugin, dan lainya.

Untuk memulai dalam menerbitkan tulisan/ berita/ atau artikel Anda bisa langsung menuju menu pada sisi kiri yang disitu ada tertera Add New Post atau Post atau Tambah Baru. Seperti keterangan pada gambar berikut dibawah ini.

Berikut Penjelasan untuk tiap petunjuk pada gambar diatas – khusus untuk (website infopaspro.com)

  1. Judul Artikel / Postingan / Tulisan – Disarankan untuk judul tidak terlalu panjang, singkat & Menarik.
  2. Deskripsi – Isi dan penataan pada kalimat/paragraph diupayakan sebaik mungkin agar terlihat bagus dan mudah untuk dibaca.
  3. Format – Anda bisa memilih sesuai konten yang akan diterbitkan.
  4. Kategori – Pilih salah satu atau lebih untuk mengelompokkan tema dari pada postingan yang akan diterbitkan.
  5. Tag – Ini merupakan salah satu bagian penting dalam index pencarian di Google, gunakan tag yang menarik, singkat, jarang dipakai oleh umum, tag lebih dari 3 tagline, bisa menggunakan tag dari judul postingan atau lainnya.
  6. Featured Image (Gambar Unggulan) – Ini juga merupakan bagian terpenting dalam masalah design konten pada website dan index google. Sangat disarankan untuk tiap postingan setidaknya harus melampirkan 1 gambar/ foto ilustrasi sebagai representasi dari postingan yang akan diterbitkan.
  7. Featured Image from URL – Ini merupakan fitur alternatif lain seperti pada poin 6, hanya saja yang membedakan adalah pengambilan sumber data, untuk poin 6 pengambilan data pada internal website sendiri, untuk poin ini bisa menggunakan sumber data dari luar, misal seperti google atau lainya.
  8. Post Options: Breaking News – Pada fitur ini digunakan untuk pengaturan pada fitur breaking news pada halaman depan website.
  9. Post Options: Custom Overlay – Pengaturan overlay pada post yang akan diterbitkan.
  10. Post Style – Untuk pengaturan style pada post bisa Anda biarkan dengan settingan default tanpa milih apapun, namun apabila Anda ingin mencoba tampilan lain bisa pilih satu dari pilihan yang sudah disediakan.
  11. Publish (Terbitkan) – Tahap ini merupakan tahap akhir untuk mulai menerbitkan postingan pada website. Sebelum Anda menekan/ menerbitkan postingan akan lebih baik, pastikan dulu semua poin-poin penting diatas sudah selesai diisi dan dikoreksi.

About The Author